Wednesday, January 16, 2013

IBD BAB IV : MANUSIA DAN CINTA KASIH


MANUSIA DAN CINTA KASIH

Arti cinta dan kasih bisa dibilang saling berkaitan satu sama lain. Kata kasih memperkuat rasa cinta. Sehingga cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan. Namun terdapat perbedaan antara keduanya. Cinta lebih mengarah kepada mendalamnya rasa, sedangkan kasih terwujud karena adanya cinta. Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia.

Menurut Eric Fromm dalam bukunya, “cinta itu terutama memberi bukan menerima”. Dan paling penting dalam memberi ialah hal-hal yang sifatnya manusiawi bukan berupa materi. Suatu cinta dapat dibina secara lebih baik dengan memperhatikan 4 unsur dasar, yaitu pengasuhan, tanggung jawab, perhatian, dan pengenalan.

Menurut Dr. Sarlito W. Sarwono, cinta memiliki tiga unsur yaitu ketertarikan, keintiman, dan kemesraan.
Dalam kehidupan manusia, cinta menampakan diri dalam berbagai bentuk.
- Cinta diri
- Cinta sesama manusia
- Cinta seksual
- Cinta bapa pada anak
- Cinta kepada Allah
- Cinta kepada Rasul


Kasih Sayang
Kasih sayang adalah perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, dan saling terbuka. Kasih sayang adalah dasar komunikasi dalam keluarga.

Kemesraan
Kemesraan yaitu perasaan simpati yang akrab. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Kemesraan juga dapat menimbulkan daya kreativitas manusia.

Pemujaan
Pemujaan merupakan salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhan yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Tuhan adalah pencipta segalanya, manusia hidup didampingi dengan rasa takut, dan untuk mengusir rasa takut ini dilakukan dengan pemujaan ini. Dalam kehidupan manusia terdapat berbagai cara pemujaan sesuai dengan agama, kepercayaan, kondisi, dan situasi. Seperti shoalat di mesjid/rumah, sembahyang di pura, di candi, atau di gereja bahkan ditempat-tempat yang dianggap keramat. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komunikasi antara manusia dengan Tuhannya.

Belas Kasihan
Dalam cinta dipergunakan istilah belas kasihan, karena cinta bukan karena kaya, cantk, pandai atau hal lainnya, melainkan karena penderitaannya. Penderitaan ini mengandung arti yang luas, mungkin tua, sakit, yatim, piatu, yatim piatu dan sebagainya. Rasa belas kasihan ini tidak mengandung unsur pamrih. Banyak cara untuk menumpahkan belas kasihan seperti memberikan bantuan (barang atau uang), memberikan nasihat, dll.

Thanks for visiting...
Have a lovely day!! Hha... :D

No comments:

Post a Comment