Thursday, January 17, 2013

IBD BAB VIII : MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Pandangan hidup bersifat kodrati. Pandangan hidup juga menentukan masa depan seseorang. Pandang hidup merupakan pendapat atau pertimbangan yang dijadikan sebagai pegangan atau pedoman hidup di dunia. 

Pandangan hidup berdasarkan asalanya terdiri dari 3 macam, yaitu berasal dari agama (mutlak kebenarannya), berupa ideologi (disesuaikan dengan kebudayaan dan norma), dan hasil renungan (hasil pemikiran yang relatif kebenarannya).

Pandangan hidup pada dasarnya mempunya 4 unsur berupa cita-cita, kebajikan, usaha, dan keyakinan/kepercayaan. Keempat unsur ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Cita-cita
Cita-cita merupakan keinginan, harapan, dan tujuan manusia yang makin tinggi tingkatannya. Untuk seseorang mencapai yang dicita-citakan hal itu bergantung pada 3 faktor yaitu faktor manusia, faktor kondisi dan faktor tingginya cita-cita.
Kebajikan
Kebajikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma agama dan etika. Kebajikan manusia nyata dan dapat dirasakan dalam tingkah lakunya. Karena tingkah laku bersumber pada pandangan hidup. Faktor-faktor yang menentukan tingkah laku yaitu faktor pembawaan/hereditas, faktor lingkungan, dan faktor pengalaman.
Usaha atau Perjuangan
Usaha atau perjuangan adalah bentuk kerja keras untuk mewujudkan cita-cita.
Keyakinan
Keyakinan adalah mempercayai dirinya sendiri dalam bertindak untuk mewujudkan cita-citanya.

Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik.
1. Mengenal 
2. Mengerti
3. Menghayati
4. Meyakini
5. Mengabdi
6. Mengamankan

Thanks for visiting...
Have a lovely day!!! :D

No comments:

Post a Comment