Friday, January 18, 2013

IBD BAB X : MANUSIA DAN KEGELISAHAN


MANUSIA DAN KEGELISAHAN

Kegelisahan adalah wujud seseorang yang tidak tentram hatinya. Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku dan situasi dari orang tersebut, seperti melakukan sesuatu yang tidak biasanya. Kegelisahan secara garis besar bisa diartikan dengan kecemasan, dan kecemasan ini berkaitan dengan masalah frustasi.

Menurut S.Freud kecemasan ada 3 macam yaitu kecemasan kenyataan (obyektif), kecemasan neoritik dan kecemasan moril.


- Kecemasan obyektif : kecemasan tentang kenyataan, suatu pengalaman perasaan sebagai akibat sesuatu yang menurutnya berbahaya dalam dunia luar. Co/ seorang korban pemerkosaan akan takut bila melihat pria.
- Kecemasan neoritik : timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah, dan terdiri dari 3 macam : kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, bentuk yang irrasional (phobia), dan rasa takut lain yang berupa gugup, gagap, dsb.
- Kecemasan moril : disebabkan karena pribadi seseorang.

Penyebab orang menjadi gelisah karena ia takut akan suatu ancaman, baik dari luar maupun dari dalam. Dan untuk mengatasi kegelisahan, itu dimulai dari diri kita sendiri dengan menjadi seseorang yang tenang dan tidak mudah panik.

Keterasingan dan Kesepian
Keterasingan dapat terjadi karena perilaku yang tidak dapat diterima masyarakat, atau tidak dapatnya seseorang menyesuaikan diri dalam masyarakat. Kesepian diakibatkan oleh rasa frustasi. Keterasingan dan kesepian adalah 2 hal yang berbeda namun memiliki keterkaitan yaitu kesepian timbul karena keterasingan.

Ketidakpastian
Orang yang pikirannya terganggu tidak dapat lagi berfikir secara teratur, dan akhirnya merasa tidak pasti akan hidupnya.
Sebab-sebab orang tidak bisa berfikir secara teratur :
1. Obsesi
2. Phobia
3. Kompulasi (ragu-ragu)
4. Histeria
5. Delusi
6. Halusinasi
7. Keadaan emosi

Untuk mengatasi hal ini kita bisa dapat menghubungi seorang psikolog untuk membantu menyembuhkan orang dengan ketidakpastian, selama kasusnya masih ringan pasti bisa disembuhkan, namun apabila sudah parah, proses penyembuhan akan sulit dan mungkin sampai tidak dapat disembuhkan lagi. Proses penyembuhan dilakukan berdasarkan pengalaman dirinya sendiri dan juga kehidupan masyarakatnya.

Thanks for visiting...
Have a great day!!! :D

No comments:

Post a Comment