Thursday, January 17, 2013

IBD BAB VII : MANUSIA DAN KEADILAN


MANUSIA DAN KEADILAN

Keadilan itu adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keharmonisan menuntut hak dan menjalankan kewajiban.
Macam-macam Keadilan :
- Keadilan legal atau keadilan moral : seseorang bertindak sesuai dengan sebagaimana mestinya. Sesuai dengan porsinya masing-masing.
- Keadilan distributif : menurut Aristoteles keadilan terlaksana apabila hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama diperlakukan secara tidak sama. Contohnya : pembagian bonus pegawai yang sudah lama bekerja dengan yang baru bekerja, orang lama mendapatkan bonus lebih besar dibandingkan orang baru.
- Keadilan komutatif : bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum.

Kejujuran
Apa yang dikatakan dan dilakukan sesuai dengan kenyataan adalah pengertian dari kejujuran. Pada hakekatnya, kejujuran dilandasi oleh kesadaran moral yang tinggi, kesadaran pengakuan akan adanya hak dan kewajiban, serta takut terhadap kesalahan atau dosa.

Kecurangan
Kecurangan artinya apa yang diinginkan tidak sesuai dengan hati nuraninya. Kecurangan menyebabkan manusia menjadi serakah dengan tujuan agar dianggap sebagai orang yang paling hebat. Agama apapun tidak membenarkan orang mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya tanpa menghiraukan orang lain, lebih lagi mengumpulkannya dengan jalan curang. Ada 4 aspek yang menjadi sebab kecurangan, yaitu aspek ekonomi, aspek kebudayaan, aspek peradaban, dan aspek tekhnik.

Pemulihan Nama Baik
Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup. Penjagaan nama baik erat hubungannya dengan tingkah laku atau perbuatan. Yang dimaksud tingkah laku atau perbuatan adalah cara berbahasa, cara bergaul, sopan santun, disiplin pribadi, cara menghadapi orang, dll.

Pembalasan
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan perbuatan orang lain. Reaksi itu dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang. Pembalasan disebabkan oleh adanya pergaulan. Pergaulan yang bersahabat mendapat balasan yang bersahabat. Sebaliknya, pergaulan yang penuh kecurigaan menimbulkan balasan yang tidak bersahabat pula.


Thanks for visiting...
Have a awesome day ya!!! :D

No comments:

Post a Comment