Sunday, May 29, 2011

Home Stay – 1st Day


14.05.2011
Akhirnya hari ini tiba juga setelah lama diperbincangan anak-anak sekolah, hha.. HOME STAY..
Hari ini indri sampe di Desa Sukawening yang dijadikan tempat HS sekolah indri, Desa ini terletak di daerah Dermaga-Bogor, Indri ke Desa Sukawening ini naek angkot bareng bareng anak IPA 3 dan ada anak IPA 4nya, nyampe di Desa kita semua disuruh kumpul di Balai Desanya karena nungguin dijemput sama ketua RTnya (sebelumnya disekolah kita udah dikasih tau kalo kita bakal tinggal dirumah siapa dan di RT / RW mana), setelah lama nungguin akhirnya indri ketemu sama ketua RT indri namanya Pak Uding ketua RT 01 RW 03, dikirain indri dari balai desa itu tuh udah deket ke rumah warga warganya eeeeeh,,, ternyata masih kudu jalan lagi –halaah.. mana tanjakan-turunan-tanjakan-belokan aah.. gitulah bikin cape, hha.. tapi seru siih,,

Alhamdulillah ternyata tempat indri ga sejauh yang lainnya, jadi yang lain mah masih pada lurus terus jalan, indri udah nyampe duluan, hha.. sebenernya di RT 01 RW 03 itu ada 7 rumah yang mau ditempatin tapi ada 1 keluarga yang gajadi ditempatin karena si ibu yang punya rumah sedang sakit, hhe.. Jadilah cuma ada 6 keluarga yang diisi di RT 01 RW 03, yaitu keluarga Pak Uding (ketua RTnya) –dika.gilang, Pak Jaja –debby.indri, Pak Isup –adit.tuntas, Pak Jajat –echy.nadya, Bu Emin –ica.yuni, Pak Anan –anna.riana, itulah anak anak yang tinggal di RT 01 RW 03, hal pertama yang kita lakukan adalah mengantar anak anak tsb ke keluarga masing masing dengan tuntunan bapak ketu RT kita Pak Uding, rumah pertama ya tentu aja keluarga Pak RT sendiri sekalian nganterin DIKA dan GILANG, setelah itu dilanjut nganterin ECI – NANAD ke rumah Pak Jajat, terus kerumah keluarganya ANNA – RIANA, dilanjut kerumah BU EMIN ibu asuhnya ICA ama YUNI, dan dilanjutkan kerumah yang paling jauh letaknya di RT 01 RW 03 yaitu rumah Pak Isup keluarga asuhnya ADIT dan TUNTAS, tapi rumah mereka itu enak banget dikelilingin sama kebun dan sawah pokonya VIEWnya KEREEN deeeh.. sebenernya rumah orang tua asuh indri debby juga deketan rumahnya ama rumah adit tuntas, tapi karena suatu alasan jadinya keluarga tersebut gajadi orang tua asuh indri, hhe.. akhirnya indri debby pergi ke rumah orang tua asuh indri yang lain yaitu keluarga Pak Jaja, rumahnya belakang belakangan sama mesjid jadi enak kalo mau sholat, hhe..

Pas udah nyampe dirumah Pak Jaja indri ketemu sama keluarganya dan seneng banget soalnya kita (indri-debby) disambut dengan sangat baik dengan keluarganya, Keluaga Pak Jaja berjumlah 3 orang Pak Jaja, Ibu Jaja (namanya bu yati) dan anaknya Siti Khotimah biasa dipanggil Oti kelas 1 SD, Pak Jaja kerja sebagai buruh dan juga petani di sawah-kebun milik sendiri, tapi kalo ngeburuh dikeluarga orang lain, kalo ibunya cuma diem dirumah aja ngurusin anak semata wayangnnya oti atau sesekali pergi kesawah nganterin makanan buat Pak Jaja. Setelah ngobrol ngobrol sebentar sambil beres beres bawaan ke kamar, indri dan debby pergi keluar buat muter-muter sambil beramah tamah sama warga di desa Sukawening ini, sekalian siapa tau dapet informasi buat tugas makalah kelompok, hha.. (jadi di HS ini juga ada tugas buat bikin makalah tentang desa sukawening ini)
 
Rumah pertama yang dikunjungi itu rumah orang tua asuhnya Yuni – Ica,


pas nyampe disana taunya Yuni ama Ica lagi bantuin Ibu Emin motongin kayu buat suluh kompor, dan lagi nungguin tugas sapu tangan buat kesawah jadinya ga bisa ikut jalan jalan bareng indri dan debby, yaudah terus kita nyamper eci dan nanad eeh gataunya lagi pada kesawah, hhuu asiik banget udah maen kesawah lagi, hha.. yaudah akhirnya kita memutuskan untuk pergi ke rumah adit dan tuntas, dan kebeneran kalo kerumah mereka lewat kebun-kebunan yaudah akhirnya sambil jalan sambil foto-foto, hha.. 








Karena gatau jalan dan takut nyasar akhirnya setelah jalan jalan ampe ujung sawah kita berdua balik lagi kerumah karena setelah kita fikir fikir ga enak juga nyampe udah langsung pergi gitu aja, pas nyampe dirumah eeh,, gataunya si bapa udah pulang lagi istirahat katanya, setelah istirahat si bapa ngajakin kita ikut liat gimana si bapa kerja, akhirnya setelah itu kita pergi ke tempat kerja bapa, kebetulan hari ini bapa ga kerja ke sawah tapi ke rumah orang yang lagi motong kayu buat masak, terus mereka butuh banyak kayu karena mau ada hajatan selametan sunatan katanya.






Setelah ngeliat gimana caranya bapa kerja, kita juga ngobrol ngobrol ama orang orang disana, sebenernya rada bingung juga sih kita harus ngomong apa jadinya kita ngobrol gabegitu lama, setelah ngambil beberapa gambar kita langsung pergi, tadinya sih mau pulang tapi ternyata eci dan nanad udah beres ke sawahnya, yaudah deh jadinya kita jalan jalan lagi, hha… karena si eci dan nanad udah pulang dari sawah jadinya kita mampir dulu kerumah eci dan nanad.





kita jalan jalan ke sawah lagi, pas lagi asik asik jalan “sialnya” indri kepeleset coba dan anak anak pada ketawa dengan senangnya, NICE NICE NICE!!!




Sebelum melanjutkan perjalanan indri bersihin kaki dulu di sungai kecil gitu deh, setelah beres kita melanjutkan acara jalan jalan kita, kita ke tempat semacam mata air gitu yang dipercaya sama beberapa warga kalo air mata itu keramat jadinya kalo kita ngelemparin koin ke mata air itu “ceunah mah” bakal kekabul gitu, hhee,, yaaa who knowslah,, tapi indri nyobain cuci muka  hha.. siapa tau jadi awet muda, hha…


 
Walaupun keliatan kotor tapi air yang keluar itu bersih,

Anak anak juga pada nyobain, beres nyobain kita lanjut ke sawah dan kebun, 
















Cape jalan jalan akhirnya kita memutuskan untuk pulang kerumah masing masing, tapi sebelumnya pengen ngunjungin keluarga asuh adit tuntas dulu, yaudah, dan disinilah hal yang bikin indri kagum banget dengan rasa kekeluargaan warga disini, walaupun mereka ga kenal ama kita mereka tetep ngajak kita buat makan bareng mereka EVEN mereka ga kenal kita siapa, jadi pas indri mau kerumah keluarga asuh adit, indri ngelewatin sebuah rumah yang lagi panen nangka abis metik nangka, yaudah maksud beramah tamah kita berempat basa basilah “bu! Asik nih lagi panen nangkan, hhe..” tanpa ada maksud mau minta si nangkanya, eeh, pas kita mau ngelanjutin jalan si ibunya manggil “Neng, sini cobain dulu nangkanya, lagi berbuah nih lagi banyak banyaknya!!” yaaaa… kita berempat antara kaget dan bingung manggut manggut aja, dan tambah kaget lagi pas kita dipotongin nangka baru yang masih gede karena kita berempat nangka tersebut dipotong jadi 4 bagian, ckckckckckckc… kalo dikota mah gamungkin dibagi bagi kaya gini deh kayanya, hha.. dan udah gitu kita disuruh bawa pulang juga, ckckck,,, makasih banyak ya bu… 



 
Kenyang makan nangka kita lanjutin jalan kerumah adit dan ketemu sama kelurga Pak Samsudin dikenal Pak Isup,

 
Pak Isup cerita tentang asal usul desa sukawening ini, dulunya desa ini bernama desa Cilubang dikasih nama Cilubang karena desa ini dekat dengan sumber air “sungai”, tapi karena daerah yang terlalu luas jadinya desa ini dibagi 2 jadi Desa Sukawening dan Desa Sukadamai, tapi sibapa ga ngejelasin kenapa dikasih nama Sukawening dan Sukadamai,
Selesai silaturahmi dari rumah adit, kita pulang kerumah masing masing, dan karena udah sore juga, mau sholat dan beres beres badan a.k.a mandi, nyampe rumah ya kita ngambil baju dan cao pergi ke kamar mandi, -kalo ke kamar mandi harus keluar rumah dulu karena dirumahnya ga ada kamar mandi, sampai di kamar mandi umum –MCK, indri kaget!! Yaiyalah wong ga ada pintunya sama sekali, dan bingung “kalo mandi ini gimana caranya???” masalahnya bener bener ga ada pintu, yasudahlah akhirnya kita cuma mandi bebek –cuci kaki, tangan dan muka aja,
Jadinya hari pertama disana intinya indri ga mandi!! Hhe.. dan gosok giginya juga pake air mineral botol, hhe…
Sampe rumah eeeh… taunya orang tua asuh indri udah nyedian makanan, jadilah makan malam, setelah beres makan malam sebenernya di desa lagi ada pengajian remaja karena hari ini malem minggu jadwalnya para remaja ngaji bareng, tapi indri ga ikutan gara gara udah cape banget dan ujan pula, jadilah malam pertama di desa sukawening dihabiskan di dalam kamar, sambil menulis buku harian, hha…
Hari pertama di DESA INI, SENENG BANGET, APALAGI DISAMBUT SECARA WELCOME BANGET, tapi sayang disini ga ada air bersih., :(

With ibu asuhku dan juga oti :)

Thanks for visiting … :)
Indri :)