Wednesday, January 16, 2013

IBD BAB III : KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN


KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

Disetiap jaman, seni termasuk sastra yang memegang peranan yang penting dalam humanities (berbudaya). Ini terjadi karena seni merupakan ekspresi nilai-nilai kemanusiaan. Seni bersifat tidak normatif sehingga lebih fleksibel, baik isinya maupun cara penyampaiannya.
Sastra mempunyai peranan yang lebih penting, karena sastra mempergunakan bahasa. Bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung semua pernyataan kegiatan manusia, dalam melahirkan ilmu pengetahuan atau ilmu sosial. Jadi secara garis besar manusia sebagai homo humanus membutuhkan sastra untuk berkomunikasi dalam berbagai hal.


IBD dihubungkan dengan prosa
Prosa kadang-kadang disebut narrative fiction atau prose fiction. Dalam bahasa Indonesia prosa sering diterjemahkan sebagai cerita rekaan yang dihasilkan oleh daya khayal atau imajinasi. Dalam kesusastraan Indonesia prosa ada 2 jenis, yaitu prosa lama (dongeng, hikayat, sejarah, epos, dan cerita pelipur lara) dan prosa baru (cerpen, roman, biografi, kisah, dan otobiografi). Adapun nilai-nilai yang akan kita dapat saat membaca prosa, misalnya : kesenangan, mendapatkan informasi, mengetahui wawasan kultural, dan mendapatkan keseimbangan wawasan.

IBD dihubungkan dengan puisi
Puisi termasuk seni sastra, sedangkan sastra bagian dari kesenian, dan kesenian adalah cabang dari kebudayaan. Puisi adalah ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenai kehidupan. Dari puisi kita dapat mempelajari berbagai hal seperti pengalaman hidup manusia, sebagai renungan, hubungan individu dengan Tuhan, dan juga potret kehidupan sosial masyarakat

Thanks for visiting...
Semoga bermanfaat ya.. :D

No comments:

Post a Comment