Tuesday, April 30, 2013

PERTEMUAN VII MATEMATIKA dan IAD –EKOLOGI & DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA


Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya.Ekologi merupakan cabang ilmu yang relatif baru. Akan tetapi ekologi mempunyai pengaruh yang besar terhadap cabang biologinya. Ekologi mempelajari bagaimana makhluk hidup dapat mempertahankan kehidupannya.

IPTEK SERTA PERKEMBANGANNYA
Perkembangan IPTEK di zaman modern ini memang sangat pesat. Sehingga IPTEK ini adalah tuntunan masyarakat supaya bisa hidup semakin nyaman. Diharapkan dengan kemajuan IPTEK yang semakin canggih akan tercipta kehidupan yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman. Tekhnologi yang sangat berkembang dan sangat terasa dalam kehidupan ini adalah dalam bidang informasi. Dengan kemudahan ini tentu ada dampak baik dan buruknya. Di satu sisi dengan kemudahan ini kita dapat mengakses informasi dimanapun kita berada, mendekatkan orang jauh dengan kita, memudahkan orang untuk saling berkomunikasi, dan hal lainnya. Namun disisi lain, ada dampak negatifnya, seperti terjadi perubahan pola pikir, bahwa kita harus selalu berusaha hidup up to date. Terjadi perubahan tradisi dan budaya karena adanya perubahan pola pikir, cenderung melakukan kerusakan, dll. 
Tingkatan Teknologi Berdasarkan Penerapannya
  • Teknologi Tinggi adalah suatu jenis teknologi mutakhir yang dikembangkan dari hasil penerapan ilmu pengetahuan terbaru, misalkan komputer, laser, bioteknologi, satelitb komunikasi, dan sebagainya.
  • Teknologi Madya adalah suatu jenis teknologi yang dapat dikembangkan dan didukung masyarakat yang lebih sederhana dan dapat digunakan dengan biaya dan kegunaan yang paling menguntungkan.
  • Teknologi Tepat Guna adalah tingkatan yang lebih sederhana dari teknologi madya, teknologi ini sering disebut teknologi pedesaan atau teknologi pribumi.


PEMENUHAN KEBUTUHAN PRIMER DAN SEKUNDER
Kebutuhan Primer 
  1. Sandang (Pakaian), manusia sebagai mahkluk sosial memerlukan pakaian, mula-mula pakaian yang dikenakan hanya untuk menutupi auratnya saja, kemudian poakaian juga berfungsi sebagai melindungi diri dari serangan panas matahari dan udara dingin. Sekarang pakaian memepunyai fungsi yang lebih luas lagi yaitu kenyamanan dengan menciptakan jenis yang sesauai dengan kebutuhan, misalnya pakaian kerja, pakaian tidur, pakaian olah raga dan sebagainya, bahkan sekarang orang beranggapan bahwa dapat menunjukan status sosial pakainya. Kebutuhan manusia yang makin meningkat juga mendorong manusia untuk menciptakan teknologi yang dapat meningkatkan mutu dan jenis bahan pakaian. 
  2. Pangan (Makanan), kebutuhan pokok manusia untuk dapat bertahan hidup. Kebutuhan pangan ini terus meningkat baik kualitas maupun kantitasnya, sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk. Usaha untuk memenuhi kebutuhan pangan biasnya dilakukan dengan cara ekstensifikasi, yaitu dengan memperluas lahan pertanian, dan dengan intensifikasi yaitu dengan meningkatkan mutu melalui pemilihan bibit yang unggul, cara penggarapan yang lebih baik, pemeliharaan tanaman yang lebih teliti dan pengelolaan pasca panen yang lebih sempurna.
  3. Papan (Tempat Tinggal), tempat tinggal untuk bertahan diri dari cuaca yang tidak menguntungkan dan berlindung dari serangan binatang buas, merupakan tempat tinggal yang memenuhi rasa kenyamanan dan keindahan.

Kebutuhan Sekunder
  1. Bidang industri, cara yang harus dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup yang makin meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas. Yang akan menghasilkan alat-alat yang dapat membantu kebutuhan sehari-hari.
  2. Bidang transportasi, cara yang ditempuh manusia untuk mengurangi beban. Ditemukannya mesin dapat mempersingkat waktu perjalanan, hal ini yang dimaksud seperti mobil, motor, kapal, pesawat, dll.
  3. Bidang komunikasi, sebagai makhluk sosial manusia perlu berkomunikasi dengan sesamanya. Cara yang paling sederhana adalah dengan bertatap muka secara langsung, tetapi bila jaraknya jauh tentu diperlukan alat komunikasi. Seiring dengan semakin canggihnya tekhnologi kini sudah ditemukan handphone yang dapat mempermudah manusia.
  4. Kesehatan, semakin modernnya dunia, manusia mulai sadar akan kesehatan mereka, karena untuk dapat bertahan manusia harus menyadari kondisi tubuhnya, dan terus menjaga kesehatannya. Dan usaha untuk memerangi penyakit semakin gencar dilakukan.


Credit : http://rizwarnioctaviana.blogspot.com/2012/06/pemenuhan-kebutuhan-primer-dan-sekunder.html ; http://wantysastro.wordpress.com/


Thanks for visiting ...
aiueo... have a nice day!! :D

No comments:

Post a Comment