Tuesday, April 30, 2013

PERTEMUAN VIII MATEMATIKA dan IAD –EKOLOGI & DAMPAK PERKEMBANGAN IPTEK TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA


PERANAN IPTEK TERHADAP BIDANG EKONOMI, SOSIAL DAN BUDAYA


  • Ekonomi, Masalah kebutuhan primer, sekunder, tertier, maupun masalah sumber daya alam, sebenarnya secara tidak langsung sudah mengemukakan masalah ekonomi. Adapun dampak dari perkembangan di bidang ekonomi ini, seperti : pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi, produktifitas industri semakin meningkat, persaingan dalam dunia kerja yang semakin kompetitif yang didasari skill yang baik. Dan disisi lain akan terbukanya pasar bebas, dimana semua produk luar negri bebas masuk dengan mudahnya. Hal ini menyebabkan persaingan dalam pasar di negara, kemungkinan yang terjadi adalah harga yang semakin murah dibandingkan produk dalam negri, sehingga orang-orang lebih tertarik dengan barang luar dibandingkan produk sendiri.
  • Sosial, manusia sebagai homosocial tidak dapat hidup sendiri, mereka akan terus menerus mencari teman dan saling berhubungan bertukar informasi. Hal ini dipengaruhi oleh kemajuan tekhnologi. Semakin modern dunia, semakin mudah untuk mengakses informasi.
     
  • Budaya, kemajuan IPTEK ini sebenarnya akan mengganggu kehidupan berbudaya dalam suatu negara, namun hal itu tergantung pada dirinya masing-masing. Tergantung apakah seseorang tersebut selektif dan kritis atau tidak pada perkembangan IPTEK. Karena kemajuan IPTEK ini dapat merubah pola pikir seseorang yang menginginkan kepraktisan hidup, makan dari itu hendaknya kita lebih bijak dalam menggunakan dan mengembangkan IPTEK ini.


Credit : http://ekochayoo84.blogspot.com/2011/11/perkembangan-iptek-didunia.html


Thanks for visiting...
aiueo... :D...

No comments:

Post a Comment