Monday, April 29, 2013

PERTEMUAN V MATEMATIKA dan IAD –KIMIA DAN FISIKA


MATERI
Materi disebut juga zat adalah sesuatu yang memiliki massa, volume dan sifat-sifat.


SIFAT MATERI
Jenis materi dikenal berdasarkan sifat-sifatnya dan dibedakan menjadi dua macam, yaitu sifat kimia dan sifat fisika.
1. Sifat Kimia, berkaitan dengan peristiwa kimia. 
Contoh :
Keterbakaran : Tingkat kemudahan suatu materi dapat terbakar.

  • Asbes, besi, alumunium, air tidak bisa terbakar
  • Minyak lebih mudah terbakar daripada kayu

Kereaktipan : Mudah atau tidaknya suatu bereaksi.

  • Zat-zat yang dapat terionisasi soda abu, asam sulfat, asam klorida, garam dapur, kalium sulfat
  • Kapur sirih dan gas karbon dioksida.

2. Sifat Fisika, berkaitan dengan peristiwa fisika.
misalnya : massa jenis, titik didih, titik lebur, kalor lebur, rasa, warna, dan bau.
Contoh :

  • Hidrogen sulfida, zat yang tidak dapat dilihat, tetapi dikenal dengan baunya.
  • Air massa jenisnya 1 gram siap dan titik didihnya 100o C.
  • Besi melebur pada 1500o C.

PERUBAHAN MATERI
Perubahan materi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:
  1. Perubahan Kimia, perubahan pada suatu materi yang dapat menghasilkan jenis baru. Materi jenis baru yang terbentuk memiliki sifat berbeda dengan sifat materi semula.
    Contoh : nasi membusuk, susu basi, makanan basi, telur asin, besi berkarat, pembakaran kertas, dll.
  2. Perubahan Fisika, perubahan pada zat yang tidak menghasilkan zat baru. Perubahan ini terjadi karena hanya berupa perubahan wujud. Pada perubahan fisika, perubahan hanya dapat terjadi pada bentuk, ukuran, dan warna materi.
    Contoh : air menguap, es mencari, lampu pijar menyala, embun, proses penyaringan, perubahan kawat alumunium menjadi lempengan alumunium, gula dilarutkan dalam air, dll.

KLASIFIKASI MATERI
Berdasarkan wujudnya :
  1. Padat
  2. Cair
  3. Gas
  4. Plasma –berwujud gas, tetapi memiliki kerapat partikel yang sangat tinggi, terbentuk dari lingkungan dengan suhu yang sangat tinggi, disebut juga gas terionisasi.
Berdasarkan sifat daya hantar listrik :
  1. Konduktor, dapat menghantarkan listrik atau panas dengan baik.
    Contohnya : besi dan baja.
  2. Isolator, tidak dapat menghantarkan listrik atau panas.
    Contohnya : plastik dan kayu
Berdasarkan sifat kemagnetannya :
  1. Benda magnetik, dapat ditarik kuat oleh magnet.
  2. Benda nonmagnetik, tidak dapat ditarik oleh magnet.

UNSUR DAN SISTEM PERIODIK
Unsur adalah zat murni yang dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. 
Penulisan lambang unsur mengikuti aturan sebagai berikut:
  • Lambang unsur diambil dari singkatan nama unsur. 
  • Beberapa lambang unsur berasal dari bahasa Latin atau Yunani nama unsur tersebut. Misalnya Fe dari kata ferrum (bahasa latin) sebagai lambang unsur besi.
  • Lambang unsur ditulis dengan satu huruf kapital.
  • Untuk Unsur yang dilambangkan dengan lebih dengan satu huruf, huruf pertama lambang ditulis dengan huruf kapital dan huruf kedua/ketiga ditulis dengan huruf kecil.
  • Unsur-unsur yang memiliki nama dengan huruf pertama sama maka huruf pertama lambang unsur diambil dari huruf pertama nama unsur dan huruf kedua diambil dari huruf lain yang terdapat pada nama unsur tersebut. Misalnya, Ra untuk radium dan Rn untuk radon.
Secara umum unsur terbagi menjadi dua kelompok yaitu:
  • Unsur Logam: umumnya unsur logam diberi nama akhiran ium. Umumnya logam ini memiliki titik didih tinggi, mengilap, dapat dibengkokan, dan dapt menghantarkan panas atau arus listrik.
  • Unsur Non Logam: umumnya memiliki titik didih rendah, tidak mengkilap,kadang-kadang rapuh tak dapat dibengkokkan dan sukar menghantarkan panas atau arus listrik.
Senyawa adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Senyawa dihasilkan dari reaksi kimia antara dua unsur atau lebih melalui reaksi pembentukan. Misalnya, karat besi (hematit) berupa Fe2O3 dihasilkan oleh reaksi besi (Fe) dengan oksigen (O). Senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi penguraian. Senyawa mempunyai sifat yang berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Senyawa hanya dapt diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi kimia. Pada kondisi yang sama, senyawa dapat memiliki wujud berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Sifat fisika dan kimia senyawa berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Misalnya reaksi antara gas hidrogen dan gas oksigen membentuk senyawa air yang berwujud cair.
Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang hasil penggabungan nya masih mempunyai sifat yang sama dengan zat aslinya. Misalnya, campuran antara air dan gula menghasilkan cairan yang berasa manis.Campuran dapat berupa gabungan unsur, senyawa, atau keduanya. 
  • Campuran Homogen memiliki komposisi maupun wujud yang seragam. Misalnya air gula dan santan. 
  • Campuran heterogen memiliki komposisi yang tidak seragam. Misalnya, campuran antara air dan pasir. 
Campuran dapat dipisahikan menjadi zat-zat penyusun berdasarkan perbedaan sifat zat-zat penyusunnya, misalnya dengan penyaringan.

SISTEM PERIODIK UNSUR
Disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat. Lajur horizontal, yang selanjutnya disebut periode, disusun menurut kenaikan nomor atom, sedangkan lajur vertikal, yang selanjutnya disebut golongan, disusun menurut kemiripan sifat.
Unsur segolongan bukannya mempunyai sifat yang sama, melainkan mempunyai kemiripan sifat. Setiap unsur memiliki sifat khas yang membedakannya dari unsur lainnya. Unsur-unsur dalam sistem periodik dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu unsur-unsur yang menempati golongan A yang disebut unsur golongan utama, dan unsur-unsur yang menempati golongan B yang disebut unsur transisi (James E. Brady, 1990).
Sistem periodik unsur modern yang disebut juga sistem periodik bentuk panjang, terdiri atas 7 periode dan 8 golongan. Periode 1, 2, dan 3 disebut periode pendek karena berisi sedikit unsur, sedangkan periode lainnya disebut periode panjang. Golongan terbagi atas golongan A dan golongan B. Unsur-unsur golongan A disebut golongan utama, sedangkan golongan B disebut golongan transisi. Golongan-golongan B terletak antara golongan IIA dan IIIA. Golongan B mulai terdapat pada periode 4.
Dalam sistem periodik unsur yang terbaru, golongan ditandai dengan golongan 1 sampai dengan golongan 18 secara berurutan dari kiri ke kanan. Dengan cara ini, maka unsur transisi terletak pada golongan 3 sampai dengan golongan 12.
  1. Periode
    Sistem periodik unsur modern mempunyai 7 periode. Unsur-unsur yang mempunyai jumlah kulit yang sama pada konfigurasi elektronnya, terletak pada periode yang sama. Nomor Periode = Jumlah Kulit
  2. Golongan
    Sistem periodik unsur modern mempunyai 8 golongan utama (A). Unsur-unsur pada sistem periodik modern yang mempunyai elektron valensi (elektron kulit terluar) sama pada konfigurasi elektronnya, maka unsur-unsur tersebut terletak pada golongan yang sama (golongan utama/A). Nomor Golongan = Jumlah Elektron Valensi

ENERGI
Energi adalah kemampuan suatu benda atau sistem untuk melakukan kerja. Energi dapat memindahkan materi dari suatu tempat ketempat lain. Energi dapat mempunyai berbagai bentuk, antara lain gerak, cahaya, panas, tenaga kimia, tenaga atom, dll.
Bentuk-bentuk energi, antara lain :
  • Energi Mekanik dibedakan menjadi 2, yaitu energi potensial dan energi kinetik. Energi potensial bersifat tidak aktif atau ditempat, sedangkan energi kinetik bersifat aktif. Contohnya jika bola jatuh saat bolah jatuh dinamakan energi kinetik.
  • Energi kimia adalah energi yang terkandung dalam zat, misal makanan, bahan bakar atau aki.
  • Energi listrik, berasal dari arus listrik sebagai akibat dari gesekan benda-benda.
  • Energi cahaya merupakan gelombang elektromagnetik, misal yang dipancarkan dari matahari atau lampu pijar.
  • Energi bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar, misal gitar yang dipetik atau bel listrik.
  • Energi nuklir berasal dari reaksi pembelahan atom (reaksi fisi) atau penggabungan atom (reaksi fusi).

Credit : http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/ ; http://belajar-kimia-dasar.blogspot.com/2009/07/materi-dan-perubahannya.html



Thanks for visiting...
aiueo :D


No comments:

Post a Comment