Thursday, October 3, 2013

Psikologi Teknologi Internet -Netiquette

NETIQUETTE yaitu Internet dan Etiquette, Internet merupakan sebuah wadah yang besar untuk berbagai macam informasi, berbagai topik bahasan tersedia di internet, dari mulai bahan pembelajaran, topik politik sampai informasi gossip sekalipun. Selain untuk mencari berita tentang kehidupan internet juga dapat dijadikan tempat untuk bersosialisasi, karena sudah banyak media-media sosial pada internet seperti facebook, tweeter, myspace, dll. Internet juga dapat membantu dalam hal pekerjaan dengan internet para karyawan dapat bertukar data dengan cepat melaluli emai. Netiquette ini adalah sebuah aturan-aturan yang harus kita pahami saat kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banya dan terbuka. 


Beberapa aturan yang ada pada Netiquette diantaranya adalah :
  • Pengamanan property yang dimiliki oleh user, seperti mengamankan komputer dari virus-virus atau personal firewal.
  • Tidak menggunakan data pribadi yang sebenarnya.
  • Menghargai pengguna internet yang lainnya, tidak melakukan plagiat, tidak mengambil keuntungan illegal dari intenet, tidak mengganggu privasi orang lain, tidak boros kata atau menggunakan kata-kata yang tidak perlu, menggunakan tulisan yang wajar (tidak menggunakan huruf kapital semua seolah-olah sedang berteriak-teriak) 
  • Tidak melakukan Flaming, Trolling, dan Junking saat berforum
 
FLAMING (memanas-manasi)
Flaming adalah tindakan posting atau mengirim pesan yang tidak sopan melalui Internet. Pesan-pesan, yang disebut “flaming,” dapat diposting dalam forum diskusi online atau newsgroup, atau dikirim via e-mail atau instant messaging program. Daerah yang paling umum di mana flaming terjadi adalah forum diskusi online, yang juga disebut buletin board. Flaming dapat berupa tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan terhadap user lain.

Contoh Flaming : Flaming ini sering terjadi dalam forum-forum diskusi online, misalnya diskusi tentang perbandingan 2 gadget yang serupa tetapi berbeda merk. Dilihat dari judul topiknya.pun sudah mengundang perdebatan seperti “Pilih smartphone A atau smartphone B”, maka isi forum tersebut.pun sudah bisa ditebak yaitu pengguna yang mendukung smartphone A maka akan memposting tentang kelebihan-kelebihan dari smartphone tsb, dan hal ini akan memicu pengguna smartphone B untuk berkomentar mengenai smartphone A.

TROLLING (Keluar dari topik pembicaraan)
Trolling ini sering terjadi dalam sosial media, contohnya ialah memberikan komentar secara terus menerus bisa berisi penghinaan / provokasi. Pelaku trolling sering disebut “Trolls”. Para trolling ini beranggapan bahwa yang mereka lakukan hanyalah keisengan dan humor belaka.  Trolling ini merupakan cyberbulying, trolling juga sering terjadi youtube.

Contoh Trolling : Seseorang mengubah profile picture sebuah akun sosial medianya, dan ada yang berkomentar “fotonya cantik ya? Pasti gara-gara potoshop”. Contoh lainnya, seseorang memposting video saat ia bernyanyi, lalu ada yang berkomentar “suaramu indah ya? Seperti kaleng rombeng”, dll.

Junking (berkomentar yang tidak perlu)
Junking sebenarnya dari kata “Junk” yang artinya sampah. Junking ini juga dikenal dengan kata lain
spaming”. Saat kita membuka email, ada sebuah label sendiri yang bernama spam. Dan isinya adalah hal-hal yang tidak penting seperti iklan-iklan yang tidak jelas dan terkadang berisi hadiah undian yang sebenarnya tidak pernah kita ikuti. Junking ini juga sering dilakukan oleh para “junker” di forum-forum diskusi. 

Contoh Junking : dalam forum diskusi memposting komentar dengan hanya kata kata singkat yang tidak memiliki arti, misalnya “oke gan”, “izin download ya”, dll

Credit :
 



No comments:

Post a Comment