NETIQUETTE yaitu Internet dan
Etiquette, Internet merupakan sebuah wadah yang besar untuk berbagai macam
informasi, berbagai topik bahasan tersedia di internet, dari mulai bahan
pembelajaran, topik politik sampai informasi gossip sekalipun. Selain untuk
mencari berita tentang kehidupan internet juga dapat dijadikan tempat untuk
bersosialisasi, karena sudah banyak media-media sosial pada internet seperti
facebook, tweeter, myspace, dll. Internet juga dapat membantu dalam hal
pekerjaan dengan internet para karyawan dapat bertukar data dengan cepat
melaluli emai. Netiquette ini adalah sebuah aturan-aturan yang harus kita
pahami saat kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banya dan
terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada
Netiquette diantaranya adalah :
- Pengamanan property yang dimiliki oleh user, seperti mengamankan komputer dari virus-virus atau personal firewal.
- Tidak menggunakan data pribadi yang sebenarnya.
- Menghargai pengguna internet yang lainnya, tidak melakukan plagiat, tidak mengambil keuntungan illegal dari intenet, tidak mengganggu privasi orang lain, tidak boros kata atau menggunakan kata-kata yang tidak perlu, menggunakan tulisan yang wajar (tidak menggunakan huruf kapital semua seolah-olah sedang berteriak-teriak)
- Tidak melakukan Flaming, Trolling, dan Junking saat berforum
FLAMING (memanas-manasi)
Flaming adalah tindakan posting
atau mengirim pesan yang tidak sopan melalui Internet. Pesan-pesan, yang
disebut “flaming,” dapat diposting dalam forum diskusi online atau newsgroup,
atau dikirim via e-mail atau instant messaging program. Daerah yang paling umum
di mana flaming terjadi adalah forum diskusi online, yang juga disebut buletin
board. Flaming dapat berupa tindakan provokasi, mengejek, ataupun penghinaan
terhadap user lain.
Contoh Flaming : Flaming ini
sering terjadi dalam forum-forum diskusi online, misalnya diskusi tentang
perbandingan 2 gadget yang serupa tetapi berbeda merk. Dilihat dari judul
topiknya.pun sudah mengundang perdebatan seperti “Pilih smartphone A atau
smartphone B”, maka isi forum tersebut.pun sudah bisa ditebak yaitu pengguna
yang mendukung smartphone A maka akan memposting tentang kelebihan-kelebihan
dari smartphone tsb, dan hal ini akan memicu pengguna smartphone B untuk
berkomentar mengenai smartphone A.
TROLLING (Keluar dari topik
pembicaraan)
Trolling ini sering terjadi dalam
sosial media, contohnya ialah memberikan komentar secara terus menerus bisa
berisi penghinaan / provokasi. Pelaku trolling sering disebut “Trolls”. Para
trolling ini beranggapan bahwa yang mereka lakukan hanyalah keisengan dan humor
belaka. Trolling ini merupakan
cyberbulying, trolling juga sering terjadi youtube.
Contoh Trolling : Seseorang mengubah
profile picture sebuah akun sosial medianya, dan ada yang berkomentar “fotonya
cantik ya? Pasti gara-gara potoshop”. Contoh lainnya, seseorang memposting
video saat ia bernyanyi, lalu ada yang berkomentar “suaramu indah ya? Seperti kaleng
rombeng”, dll.
Junking (berkomentar yang tidak
perlu)
Junking sebenarnya dari kata “Junk”
yang artinya sampah. Junking ini juga dikenal dengan kata lain
spaming”. Saat kita membuka email, ada sebuah label sendiri yang bernama spam. Dan isinya adalah hal-hal yang tidak penting seperti iklan-iklan yang tidak jelas dan terkadang berisi hadiah undian yang sebenarnya tidak pernah kita ikuti. Junking ini juga sering dilakukan oleh para “junker” di forum-forum diskusi.
spaming”. Saat kita membuka email, ada sebuah label sendiri yang bernama spam. Dan isinya adalah hal-hal yang tidak penting seperti iklan-iklan yang tidak jelas dan terkadang berisi hadiah undian yang sebenarnya tidak pernah kita ikuti. Junking ini juga sering dilakukan oleh para “junker” di forum-forum diskusi.
Contoh Junking : dalam forum
diskusi memposting komentar dengan hanya kata kata singkat yang tidak memiliki
arti, misalnya “oke gan”, “izin download ya”, dll
Credit :
No comments:
Post a Comment