Tuesday, October 16, 2012

Ilmu Budaya Dasar untuk Mahasiswa Psikologi


Latar Belakang Ilmu Budaya Dasar
pada Mahasiswa S1 Psikologi


Ilmu Budaya Dasar (IBD) adalah Ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan, Ilmu Budaya Dasar ini masuk kedalam mata kuliah jurusan Psikologi, pada postingan kali ini saya akan membahas apa yang melatar belakangin Ilmu Budaya Dasar ini patut dipelajari oleh mahasiswa jurusan Psikologi.
Menurut Koentjaraningrat (1980), “Kebudayaan” berasal dari kata sansekerta “Budhayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata “Budhi” yang memiliki arti “Budi” atau “Akal”. Bisa diartikan “Kebudayaan” adalah hal-hal yang bersangkutan dengan akal.
Kebudayaan mengandung pengertian yang luas, meliputi pemahaman perasaan, pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, adat istiadat (kebiasaan), dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari sebuah kumpulan masyarakat. Jadi, Kebudayaan dalam Ilmu Budaya dasar adalah pengolahan nilai-nilai insani, usaha manusia dalam alam lingkungan baik fisik maupun sosial.
“Kenapa Ilmu Budaya Dasar harus dipelajari oleh Mahasiswa S1 Psikologi?”, seperti yang kita tahu, Psikologi mempelajari semua aspek kehidupan baik secara fisiknya maupun kehidupan sosialnya, seorang Psikolog harus mengerti setiap keadaan dan meminimalisir kesalah pahaman akan sesuatu, dari Ilmu Budaya Dasar inilah semua mahasiswa Psikologi diberi kesempatan untuk mempelajari keanekaragaman budaya yang ada di negeri ini. Seperti yang kita tahu Indonesia adalah negara kepulauan, yang memiliki keunikan dan ciri khas masing masing, tidak bisa disamakan dari satu tempat dengan tempat lainnya, terdiri atas berbagai suku bangsa, adanya perubahan yaitu pembangunan yang bersifat positif dan negatif yang bisa menimbulkan konflik, kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) karena sudah termasuk dunia global jadi semuanya dituntut serba canggih, hal ini menimbulkan dampak yang positif dan juga negatif, positif karena semakin canggih IPTEK suatu negara maka itu membuktikan bahwa negara tersebut adalah negara yang maju, tetapi hal itu juga bisa menggeser nilai nilai budaya yang ada pada negara tersebut.


Harapan dari Pembelajaran Ilmu Budaya Dasar
untuk Mahasiswa S1 Psikologi


Setelah mempelajari Ilmu Budaya Dasar, mahasiswa Psikologi diharapkan mengetahui dan mengerti tentang konsep-konsep dasar IBD dan juga memahami pengertian umum IBD yang dapat dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dapat mengenal lebih dalam mengenai dirinya sendiri dan juga orang lain yang biasanya hanya dinilai luarnya saja, IBD juga bisa dijadikan sebagai bekal penting untuk bergaul di kehidupan sosial, dimana nantinya akan bertemu dan mengenal banyak orang yang berbeda beda asalnya, mampu menghargai budaya yang ada disekitar dan ikut mengembangkan budaya bangsa serta melestarikan budaya nenek moyang. Ilmu Budaya Dasar ini mempelajari hubungan manusia dengan kebudayaannya.


Sumber :
http://nizam-amri.blogspot.com/2011/03/ilmu-budaya-dasar.html
http://jallypop.wordpress.com/2011/11/08/perbedaan-antara-ilmu-budaya-dasar-dan-ilmu-pengetahuan-sosial/
http://p4ruli4n.wordpress.com/memahami-kosep-umum-tentang-ilmu-budaya-dasar/

Nama : Indri Adi Fitriani
Kelas : 1PA08
NPM : 13512716
indriadifitriani@gmail.com

No comments:

Post a Comment